Senin, 29 November 2010

Tulisan tentang etika bisnis

Sasaran dan Lingkup Etika Bisnis
Dalam Perusahaan

Salah satu etika bisnis dalam perusahaan berfungsi untuk menggugah kesadaran moral para pelaku bisnis untuk berbisnis secara baik dan etis demi nilai-nilai tertentu (kejujuran,tanggung jawab, pelayanan, hak dan kepentingan orang lain dan lain-lain) dan demi kepentingan bisnisnya sendiri. Maka dari itu, melihat penting dan relevansinya etika bisnis tersebut, sebaiknya perusahaan harus memperhatikan sasaran dan lingkup etika bisnis itu sendiri. Terdapat tiga sasaran dan lingkup pokok etika bisnis.
Sasaran pertama, etika bisnis sebagai etika profesi yang dimana membahas berbagai prinsip, kondisi dan masalah yang terkait dengan praktek bisnis yang baik dan etis. Dengan kata lain, etika bisnis ini bertujuan untuk mengimbau para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnisnya secara baik dan etis. Termasuk didalamnya imbauan yang didasarkan pada hakikat dan tujuan bisnis, yaitu untuk meraih keuntungan.
Sasaran kedua dari etika bisnis, adalah untuk menyadarkan masyarakat, khususnya konsumen, buruh atau karyawan dan masyarakat luas pemilik asset umum seperti lingkungan hidup, akan hak dan kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapun juga. Sasaran kedua ini sangat penting dan vital dalam kondisi bisnis modern. Kenyataannya menunjukkan bahwa bisnis dewasa ini mempengaruhi kehidupan hampir semua anggota masayarakat tanpa terkecuali, entah sebagai pekerja, konsumen, atau pemilik asset umum tertentu. Dalam kaitannya, masyarakat luas sanagt rentan terhadap praktek bisnis yang apabila tidak dicermati dengan baik akan bisa sangat merugikan hak dan kepentingan masyarakat. Maka dari itu, masyarakat punya kepentingan langsung untuk mengawasi bisnis untuk bisa dijalankan secara baik dan etis.
Sasaran ketiga dari etika bisnis, yaitu mengenai sistem ekonomi yang sangat menentukkan etis tidaknya suatu praktek bisnis. Dalam hal ini, etika bisnis lebih bersifat makro, yang lebih tepat dikenal sebagai etika ekonomi. Dalam lingkup makro semacam ini, etika bisnis berbicara mengenai monopoli, oligopoli, kolusi, dan praktek-praktek semacamnyayang akan sangat mempengaruhi sehat tidaknya suatu ekonomi dan juga menentukan baik tidaknya praktek bisnis dalam sebuah negara. Dengan kata lain, dalam lingkup ketiga ini, etika bisnis menekankan pentingnya kerangka legal-politis bagi praktek bisnis yang baik, yaitu pentingnya hukum dan aturan bisnis serta peran pemerintah efektif menjamin keberlakuan aturan bisnis tersebut secara konsekuen tanpa pandang bulu.
Ketiga lingkup dan sasaran etika bisnis ini yang telah dijelaskan diatas berkaitan erat satu dengan yang lainnya, dan bersama-sama menentukkan baik-tidaknya, etis tidaknya praktek bisnis ddi dalam suatu perusahaan. Dari penjelasan tersebutlah dapat dilihat dengan jelas bahwa ketiganya mendapat porsi dan penekanan tersendiri walaupun belum tentu secara proporsional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar