Minggu, 21 November 2010

Tanggung jawab sosial perusahaan

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan



Terdapat beberapa implikasi yang harus diperhatikan manjemen perusahaan dalam mendirikan sutu perusahaan besar maupun kecil. Salah satunya adalah manajemen harus memperhatikan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Etika dan tanggung jawab sosial merupakan rem perusahaan agar berkerja tidak bertabrakan dengan pemegang kepentingan perusahaan, seperti pelanggan, pemerintah, pemilik, kreditur, pekerja dan komunitas atau masyarakat.hubungan yang harmonis dengan pemegang kepentingan akan menghasilkan energi positif buat kemajuan perusahaan.
Salah satu contoh konkret mengenai kewajiban sosial suatu perusahaan adalah dalam hal perusahaan yang bersangkutan ingin memasuki wilayah operasi yang baru bagi kegiatan usahanya. Misalnya dalam bentuk pendirian pabrik disuatu wilayah yang selama ini belum diimasukinya. Jika ada perusahaan manufaktur hendak membuka pabrik baru dalam rangka perluasan kegiatannya, peristiwa inilah yang sering mendapat sambutan dari masyarakat sekitar maupun pemerintah.
Dalam segi pemerintah, berarti perusahaan ini dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di wilayah tersebut, bertambahnya sumber penerimaan pemerintah berupa pajak dan penerimaan lain-lain. Selain itu, bertambahnya mitra pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup rakyat di wilayh bersangkutan.
Sedangkan, dalam segi masyarakat menyambut dengan berbagai alasan seperti: tersedianya kesempatan kerja bagi warga setempat, berkurangnya tingkat pengangguran, bertambahnya sumber penghasilan masyarakat, meningkatnya jumlah organisasi yang berpartisipasi dalam mengatasi berbagai permasalahan social yang dihadapi, dan makin terbukanya kesempatan berusaha bagi masyarakat setempat dalam rangka pemuasan kebutuhan para karyawan pabrik di bidang perumahan, bahan kebutuhan sehari0hari, dan kebutuhan rekreasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar