Rabu, 11 November 2009

Life style …

Mata kulaiah : Perilaku konsumen Nama : Arif Alfa Budiman
Materi :Gaya hidup NPM : 10207160



Life style …


Gaya hidup merupakan perilaku yang dilakukan masyarakat dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, yang dijadikan kebiasaan. Gaya hidup remaja masa kini semakin hari semakin menarik untuk diperhatikan. Remaja dengan segala potensi dan persahabatnnya yang mulai menemukan jati dirinya tenyata memberikan banyak kisah dan gambaran unik didalamnya.
Ada-ada saja gaya hidup remaja masa kini yang menarik perhatian, mulai dari gaya bahasa, gaya busana, gaya pergaulan hingga gaya kejahatan remaja. Latar belakang sosial, ekonomi dan budaya mempengaruhi setiap gerak langkah mereka. Perkembangan pembagunan yang pesat dewasa ini sudah sangat ditangkap cepat oleh remaja masa kini. Contohnya yang simple adalah gaya busana remaja masa kini saat ini tidak lepas dari contoh gaya berpakaian para artis sinetron. Mulai dari hot pants yang casual, jeans ketat, tank top gaul hingga rok mini. Selain remaja putri, pria pun gak berbeda jauh dengan remaja putri dalam urusan busana. Ada yang suka gaya chagcuters yang retro abis, ada yang bergaya serba hitam ala punker, funky abis dengan minyak wangi bermerek hingga dandanan ala tentara di medan perang.
Selain itu, pembelian alat-alat canggih juga merupakan gaya hidup remaja saat ini. BlackBerry, HTC, Dopod atau iPhone merupakan beberapa merk smartphone dan PDA phone yang beredar dan menjadi trend belakangan ini. Demam BlackBerry belakangan ini membuat banyak orang berlomba-lomba ingin memiliki teknologi terbaru dari telepon cerdas atau smartphone tersebut khususnya remaja yang menjadikan teknologi itu menjadi gaya hidupnya.






Generasi muda merupakan generasi yang paling mudah menerima masukan serta rangsangan yang aktual di dalam lingkungannya. Masukan dan rangsangan tersebut mereka dapatkan tidak hanya di sebuah institusi formal seperti sekolah, akan tetapi pergaulan serta lingkungan sangat mempengaruhi dan membentuk karakter generasi muda tersebut dalam merepresentasikan jiwa mudanya. Identitas ‘muda’ selalu mereka kaitkan dengan segala sesuatu yang bersifat modern dan baru (update) dan memiliki bentuk-bentuk pemberontakan dalam sudut pandangnya sendiri.
Namun bukan semata-mata salah mereka jika mereka memilih gaya itu, karena memang yang tersedia dipasaran adalah yang seperti itu. Dizaman yang serba instan, individualistis dan komersil ini gaya hidup remaja cenderung bergaya suka-suka dan ikut-ikutan trend yang ada.
Memang dunia remaja adalah dunia yang takkan pernah mati, akan selalu dihati karena mereka sangat unik dengan berbagai macam kebiasaan dan tingkah lakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar