Rabu, 02 Juni 2010

RESENSI buku

Judul buku : MARKETING
Pengarang : Ali Hasan, S.E.,M.M.

Kesimpulan
Pemasaran (marketing) merupakan sebuah konsep ilmu dalam strategi bisnis yang bertujuan untuk mencapai kepuasan berkelanjutan bagi stakeholder (pelanggan, karyawan, pemegang saham). Sebagai ilmu, marketing merupakan ilmu pengetahuan yang objektif, yang diperoleh dengan menggunakan instrumen tertentu untuk mengukur kinerja dari aktivitas bisnis dalam membentuk, mengembangkan, mengarahkan pertukaran yang saling menguntungkan dalam jangka panjang, antara produsen dan konsumen atau pemakai. Sebagai srategi bisnis, marketing merupakan tindakan penyesuaian suatu organisasi yang beroreantasi pasar dalam menghadapi kenyataan bisnis, baik dalam lingkungan makro maupun mikro yang terus berubah.
Dalam konteks itulah bukui inimenawarkan kepada para praktisi marketing untuk memperluas wawasan, konsep, strategi dan implementasi secara tepat dalam membimbing perjalanan transformasi bisnis menjadi sukses. Buku ini juga bisa dipakai oleh para mahasiswa program studi manajemen yang mengambil spesialisasi marketing. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai kasus marketing perusahaan nasional dan internasional yang akan menambah pengetahuan dan wawasan pembaca dalam dunia marketing.

Kelebihan :
• Dalam buku ini penulis memberikan keterangan yang sangat lengkap dalam bagian sub-sub pokoknya yang dimana dibutuhkan para pembaca.
• Penulis sangat memperhatikan detail dari bacaan, dimana tiap bagian pembahasan selalu lengkap dan lebih terinci pembahasannya.
• Buku sangat diperlukan untuk mahasiswa yang menyukai marketing.



Kekurangan :
• Buku ini sangat tebal sehingga memerlukan waktu yang sangat lama untuk membaca dan memahaminya.

RESENSI buku

Kesimpulan

Ilmu ekonomi mempelajari prilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Dalam ilmu ekonomi, banyak hal yang kita temui seperti kelangkaan, yang mencakup kuantitas, kualitas, tempat dan waktu, pilihan dan biaya kesempatan. Ruang lingkup ilmu ekonomi secara efisien dari tingkat individu, perusahaan dan industri. Ada tiga aspek penting yang dianalisis ekonomi mikro, yakni interaksi di pasar barang, tingkah laku pembeli dan penjual, dan interaksi di pasar faktor produksi.
Mekanisme pasar terdiri dari permintaan dan penawaran. Permintaan merupakan keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu, harga barang itu sendiri, harga barang lain yang terkait, tingkat pendapatan perkapita, selera dll. Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhinya harga faktor produksi, harga barang itu sendiri, biaya produksi, teknologi produksi dan kebijakan pemerintah.
Makin meluasnya penggunaan ilmu ekonomi memungkinkan perusahaan untuk mengukur kepekaan suatu variabel akibat adanya perubahan variabel lain. Hal ini disebut konsep elastisitas. Ada 3 macam konsep, yaitu pertama elastisitas permintaan digunakan untuk mengukur perubahan relative dalam jumlah unit barang yang abadi sebagai akibat perubahan salah satu faktor yang mempengaruhinya. Kedua, elastisitas penawaran yang merupakan angka yang menunjukkan berapa persen yang ditawarkan berubah, bila harga barang berubah satu persen. Ketiga, elastisitas jangka pendek dan jangka panjang.
Terdapat tiga teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ekonomi, yakni teori prilaku konsumen, teori produksi dan teori biaya produksi. Dalam teori produksi dalam aktivitasnya berhubungan dengan tingkat produksinya. Faktor produksi terdiri dari
2 faktor yaitu, faktor produksi tetap dan faktor produksi variable. Selain itu, dalam teori biaya prosuksi yang mempengaruhi teori ini yakni konsep biaya, produksi, produktivitas, biaya produksi jangka pendek ( biaya tetap, biaya rata-rata, biaya marginal), biaya produksi jangka panjang.
Tujuan perusahaan secara teoritis adalah mencari laba (profit). Makin besar resiko, laba yang diperoleh harus semakin besar dan sebaliknya. Ada tiga pendekatan perhitungan laba maksimum: (1) pendekatan totalitas (totality approach), (2) pendekatan rata-rata (average approach), (3) pendekatan marginal (marginal approach). Telah dijelaskan bahwa jumlah output yang di produksi perusahaan agar mencapai laba maksimum adalah pada saat MR=MC.
Salah satu factor yang menimbulkan perbedaan itu adalah posisi perusahaan dalam pasar (struktur pasar). Ada 4 (empat) macam pasar, yaitu: pertama, perusahaan berada dalam persaingan sempurna (perfect competition), dimana jumlah perusahaan begitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangant kecil untuk mempengaruhi harga pasar. Kedua, perusahaan hanya satu-satunya produsen (monopoli) dalam posisi ini perusahaan mampu mempengaruhi harga dan jumlah output dalam pasar. Ketiga, persaingan monopolistic (monopolistic competition), dimana perusahaan bersaing, tetapi masing-masing mempunyai daya monopoli (terbatas). Keempat, dalam pasar hanya ada beberapa produsen yang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli, kondisi ini dikenal dengan oligopoli (oligopoly).
















KELEBIHAN
Buku teori ekonomi mikro KEKURANGAN
Buku teori ekonomi mikro

 Dalam buku ini penulis memberikan keterangan yang sangat lengkap dalam bagian sub-sub pokoknya yang dimana dibutuhkan para pembaca.

 Pada halaman terakhir, penulis memberikan indeks subjek untuk memudahkan pembaca menemukan halaman yang diinginkan.

 Penulis sangat memperhatikan detail dari bacaan, dimana tiap bagian pembahasan selalu lengkap dan lebih terinci pembahasannya.

 Dalam tiap bab pembahasan, penulis selalu memberikan pertanyaan atau sosl-soal berikut jawabannya sehingga pembaca dapat mempelajari soal tersebut dan jawaban benarnya.


 Daftar pustaka atau referensi yang digunakan penulis menggunakan referensi yang cukup lama seperti, Microeconomic Theory karangan Richard A. Billas tahun 1985.

 Analisis penulis untuk menganalisis kasus yang berhubungan dengan perekonomian Indonesia sangat sedikit sekali.

 Dalam tabel perkembangan struktur produksi perekonomian DKI Jakarta menggunakan tahun yang lama 2000-2002, seharusnya penulis menganalisis tahun 2005-2006 sesuai tahun terbitannya.

 Apabila pembaca menemukan kata-kata yang sulit atau kata-kata yang baku dalam buku ini, penulis tidak menerangkan penjelasanya sehingga membuat pembaca kesulitan.