Rabu, 11 November 2009

Segmentasi manfaat

Mata kulaiah : Perilaku konsumen Nama : Arif Alfa Budiman
Materi :Segmentasi NPM : 10207160


Segmentasi manfaat

SABUN
SEGMEN MANFAAT DEMOGRAFIS PERILAKU PSIKOGRAFIS
Ekonomi
Harga murah Keluarga besar Pengguna berat Orientasi nilai otonom
Kosmetik
Menghaluskan kulit
Memutihkan kulit Wanita Pengguna berat Style
Kualitas Pengguna setia wanita Pengguna setia Style
Merk Pengguna setia wanita Pengguna setia Style

Mie instant
Segmen manfaat demografgis prilaku Psikografis
Ekonomi
harga murah Keluarga besar Pengguna berat Orientasi nilai otonom
Rasa
Enak Keluarga besar Penyuka mie style
Merek Keluarga besar Penyuka mie style
Jenis bermacam macam Keluarga besar Penyuka mie style

Makanan ringan
Segmen manfaat demografgis prilaku Psikografis
Ekonomi
harga murah Keluarga besar Pengguna berat Orientasi nilai otonom
Rasa
Enak Anak anak Penyuka jajan style
Kesehatan Keluarga besar Pengguna berat Style
Bentuk Anak anak Pengguna berat Style

Air kemasan
Segmen manfaat demografgis prilaku Psikografis
Ekonomi
harga murah Keluarga besar Pengguna berat Orientasi nilai otonom
merek Keluarga besar Pengguna berat style
Kesehatan Keluarga besar Pengguna berat Style
Bentuk Keluarga besar Pengguna berat Style

Shampo
Segmen manfaat demografgis prilaku Psikografis
Ekonomi
harga murah Keluarga besar Pengguna berat Orientasi nilai otonom
merek Keluarga besar Pengguna berat style
Kesehatan Keluarga besar Pengguna berat Style
wangi Remaja,wanita,anak anak Pengguna berat Style

Life style …

Mata kulaiah : Perilaku konsumen Nama : Arif Alfa Budiman
Materi :Gaya hidup NPM : 10207160



Life style …


Gaya hidup merupakan perilaku yang dilakukan masyarakat dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, yang dijadikan kebiasaan. Gaya hidup remaja masa kini semakin hari semakin menarik untuk diperhatikan. Remaja dengan segala potensi dan persahabatnnya yang mulai menemukan jati dirinya tenyata memberikan banyak kisah dan gambaran unik didalamnya.
Ada-ada saja gaya hidup remaja masa kini yang menarik perhatian, mulai dari gaya bahasa, gaya busana, gaya pergaulan hingga gaya kejahatan remaja. Latar belakang sosial, ekonomi dan budaya mempengaruhi setiap gerak langkah mereka. Perkembangan pembagunan yang pesat dewasa ini sudah sangat ditangkap cepat oleh remaja masa kini. Contohnya yang simple adalah gaya busana remaja masa kini saat ini tidak lepas dari contoh gaya berpakaian para artis sinetron. Mulai dari hot pants yang casual, jeans ketat, tank top gaul hingga rok mini. Selain remaja putri, pria pun gak berbeda jauh dengan remaja putri dalam urusan busana. Ada yang suka gaya chagcuters yang retro abis, ada yang bergaya serba hitam ala punker, funky abis dengan minyak wangi bermerek hingga dandanan ala tentara di medan perang.
Selain itu, pembelian alat-alat canggih juga merupakan gaya hidup remaja saat ini. BlackBerry, HTC, Dopod atau iPhone merupakan beberapa merk smartphone dan PDA phone yang beredar dan menjadi trend belakangan ini. Demam BlackBerry belakangan ini membuat banyak orang berlomba-lomba ingin memiliki teknologi terbaru dari telepon cerdas atau smartphone tersebut khususnya remaja yang menjadikan teknologi itu menjadi gaya hidupnya.






Generasi muda merupakan generasi yang paling mudah menerima masukan serta rangsangan yang aktual di dalam lingkungannya. Masukan dan rangsangan tersebut mereka dapatkan tidak hanya di sebuah institusi formal seperti sekolah, akan tetapi pergaulan serta lingkungan sangat mempengaruhi dan membentuk karakter generasi muda tersebut dalam merepresentasikan jiwa mudanya. Identitas ‘muda’ selalu mereka kaitkan dengan segala sesuatu yang bersifat modern dan baru (update) dan memiliki bentuk-bentuk pemberontakan dalam sudut pandangnya sendiri.
Namun bukan semata-mata salah mereka jika mereka memilih gaya itu, karena memang yang tersedia dipasaran adalah yang seperti itu. Dizaman yang serba instan, individualistis dan komersil ini gaya hidup remaja cenderung bergaya suka-suka dan ikut-ikutan trend yang ada.
Memang dunia remaja adalah dunia yang takkan pernah mati, akan selalu dihati karena mereka sangat unik dengan berbagai macam kebiasaan dan tingkah lakunya.

KENAIKAN HARGA BBM MELONJAK PESAT

Mata kuliah : Perilaku konsumen nama : Arif Alfa Budiman
Materi : Harga NPM : 10207160

KENAIKAN HARGA BBM MELONJAK PESAT
Harga sangat mempengaruhi permintaan dan penawaran akan suatu barang atau jasa. Selain harga, permintaan ataupun penawaran juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti, selera dari konsumen, sedikit banyaknya produk yang diproduksi dan banyaknya penjual. Tetapi yang paling ditekankan permintaan atupun penawaran paling dipengaruhi oleh penetapan harga.
Pada zaman sekarang ini, kenaikan harga sangat melambung tinggi, contohnya yang paling nyata ialah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Mengapa BBM sekarang ini melambung tinggi dari tahun-tahun sebelumnya?? Karena pemerintah ingin mengurangi jumlah pengendara yang memakai alat transportasi sendiri. Apalagi tahun ini, Indonesia mengalami peningkatan jumlah transportasi yang cukup tinggi dan merupakan Negara yang tingkat polusinya terbesar.
Pemerintah telah memastikan akan menaikkan harga BBM, hal ini merupakan respon dari semakin melonjaknya harga minyak mentah di dunia yang telah melewati harga US$ 120 per barel. Pemerintah akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) maksimal sebesar 30%. Kenaikan harga minyak dunia saat ini telah menyebabkan tambahan subsidi BBM lebih dari Rp. 100 trilyun. Kebutuhan subsidi tersebut akan semakin meningkat jika harga minyak dunia lebih tinggi lagi
Menaikkan harga BBM pada saat ini jelas tidak tepat karena sekarang ini negara kita juga mengalami krisis pangan yang mengakibatkan harga bahan-bahan pokok mengalami kenaikan. Jika pemerintah menaikkan harga BBM pada saat sekarang ini maka akan terjadi stagflasi (kenaikan harga dari sisi penawaran agregat) akibat kenaikan harga BBM dan stagflasi akibat kenaikan harga bahan pokok yang disebabkan krisis pangan. Maka akan terjadi kenaikan harga yang lebih tinggi. Karena itu pemerintah tidak tepat menaikkan harga BBM di saat negara kita dalam kondisi sekarang ini (krisis pangan). Jikalau pemerintah memang ingin menaikkann harga BBM juga, maka pemerintah harus menunda dulu sampai krisis pangan ini dapat diatasi.
Dengan semakin meningkatnya harga BBM ataupun harga kebutuhan-kebutuhan pangan masyarakat akan menimbulkan dampak yang negative yaitu pada meningkatnya tingkat kekerasan terhadap anak baik tataran domestik (rumah tangga) maupun public (masyarakat luas). Banyak kasus yang ditemukan, kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga, khususnya terhadap anak kerap diawali kekesalan dan emosional yang ditumpahkan karena masalah ekonomi dan ketidakmampuan memenuhi target kebutuhan sehari-hari.
Selain itu, kenaikan BBM akan sangat berpengaruh juga terhadap tarif angkutan umum. Tarif angkutan umum yang biasanya dapat dijangkau masyarakat sekarang agak menyulitkan masyarakat karena hal tersebut menyulitkan khususnya masyarakat kecil. Maka dari itulah, banyak masyarakat yang memperotes dengan naiknya harga BBM yang memepengaruhi harga kebutuhan lainnya. Dengan kata lain kenaikan BBM Yang jelas, kemiskinan dan pengangguran masih membayang-bayangi kehidupan bangsa ini. Yang tampak sekarang kenaikan harga BBM mendorong pedagang menaikkan harga barang, sopir angkot menaikkan ongkos, pengusaha jasa juga ikut menaikan biaya jasa, dst. Ini
tegas menyulitkan kaum tak berpunya.
Setelah kita mengetahui penyebab dan dampak karena naiknya BBM ini. Sebaiknya kita mengetahui apakah yang harus dilakukan pemerintah untuk menanggulangi masalah yang terjadi. Salah satu hal yang dilakukan pemerintah yaitu memberikan Bantuan Tunai Langsung (BLT) untuk masyarakat kecil, dimana apabila kita lebih tinjau lagi pemberian BLT ini jelas tidak efektif untuk mengatasi kemiskinan dan hal ini memang sudah terbukti tidak efektif pada periode-periode sebelumnya.
Selain pemberian BLT kepada masyarakat kecil. Penghematan anggaran belanja negara hingga 20 persen, mulai dari kantor kepresidenan, DPR, kementerian, dan lembaga negara lain juga dapat mengatasi kenaikan BBM. Minimal Rp 20 triliun bisa dihemat di sini. . Pajak progresif terhadap komoditas yang booming seperti minyak, gas, batubara, tembaga, dan perkebunan. Tax rate-nya dinaikkan sejalan dengan naiknya harga. Selain itu juga, menekan margin distribusi BBM pendistribusian BBM bersubsidi ke Pertamina dari 9 persen menjadi 5 persen juga merupakan hal yang dapat dilakukan pemerintah guna mengatasi masalah-masalah yang ada sebagai akibat dari kenaikan BBM itu sendiri .
Pemerintah harus memanfaatkan seoptimal mungkin sumberdaya alam (migas, emas, batubara dan lainnya) yang sangat melimpah itu, yang hakikatnya adalah milik seluruh rakyat. Harus ada strategi baru dalam memanfaatkan sumberdaya itu dari corporate based management (pengelolaan oleh swasta) ke state based management (pengelolaan oleh negera). Pemberian ladang konsesi kepada perusahaan asing untuk mengelola SDA terbukti membuat hasilnya lebih banyak dinikmati oleh perusahaan-perusahaan itu ketimbang yang dirasakan oleh rakyat.
Maka dari itu, peran pemerintah dIsini sangat besar sekali bagi kelangsungan hidup rakyat kecil. Pemerintah harus mampu mengatasi masalah yang ada agar kenaikan BBM di Indonesia dapat teratasi dan kestabilan harga tetap stabil seperti tahun-tahun sebelumnya. Dan diharapkan pemerintah selalu mengambil keputusan-keputusan yang dapat melepaskan rakyat dari krisis ini.

VALUE DARI PRODUK HANDPHONE BB

NAMA : ARIF ALFA BUDIMAN
NPM : 10207160
MATA KULIAH : PERILAKU KONSUMEN


VALUE DARI PRODUK HANDPHONE BB


Pada zaman sekarang ini, alat komunikasi merupakan salah satu alat yang paling dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum. Alat komunikasi pada era sekarang ini sudah cukup banyak mengalami perubahan yang signifikant dan kemajuan yang cukup canggih. Salah satu contoh alat komunikasi yang sedang maju dan paling digemari maupun dibutuhkan dari anak kecil hingga dewasa adalah Handphone/HP.
Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang perubahannya makin lama makin canggih, dari fitur-fitur yang ada di dalam HP itu sendiri ataupun dari bentuknya yang semakin menarik. Bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk slim atau tebal, maupun berbagai macam warna yang membentuk HP itu semakin menarik.
Sekarang ini, banyak sekali produk-produk handphone yang dipasarkan di pasar konsumen. Tetapi, produk handphone yang paling digemari dan paling berhasil pemasarannya salah satunya adalah bermerek BB. dengan fitur yang banyak dan tampilan yang menarik, BB berhasil mencuri perhatian para konsumen yang berada di Indonesia.
Pertama kali produk BB diluncurkan, sebenarnya hanya ditujukan kepada para pengusaha atau pembisnis yang dimana kegiatan komunikasi bisnisnya membutuhkan waktu yang singkat. Maka dari itu, produk BB ini disesuaikan dengan kebutuhan para pembisnis itu. Didalam produk BB ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang menunjang penuh komunikasi, seperti realtime email, organizer, jaringan data (GPRS/3G) yang telah digunakan di 50 operator di 30 negara yang memungkinkan adanya layanan nasional untuk koneksi nirkabel hingga layanan multimedia dan akses internet tiada batas GPRS 32 - 48 kbps.


Pada dasarnya produk BB ini adalah device yang sama dengan handphone lain, sama-sama bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms, cuma yang bikin beda ada di Operating System (OS)-nya. OS pada BB merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor BB). Sebenernya kalo BB digunakan tanpa berlangganan servis BB, jadinya cuma handphone biasa saja dan mungkin malah bakal bikin pusing, karena menunya tidak seenak handphone ber-OS lainnya, tapi kalo BB ini udah diaktif-in dengan layanan BB operator pilihan kita. HP BB ini menjadi device yang asik banget buat ber-internet ria, terutama email.
Penawaran dan promosi yang ditawarkan oleh perusahaan ini bermacam-macam. Dari mulai melakukan promosi di iklan, pamflet, poster-poster, sampai melakukan kegiatan promosi dari satu mall ke mall lain, kampus satu ke kampus lain sampai dari satu kantor ke kantor lain. Walaupun harga yang ditawarkan produk ini relative sangat mahal, tapi banyak sekali yang menggunakan produk ini, mungkin menurut mereka harga tersebut sebanding dengan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan dalam Handphone tersebut.
Produk BB banyak mengeluarkan tipe-tipe sesuai kebutuhan penggunanya. Bentuk produk yang paling disukai adalah tipe BLD. Tipe tersebut banyak disukai karena bentuknya yang kokoh, memory internalnya yang dapat mencapai 1 GB, 3g nya HSDPA, 3.6 Mbps dan terdapat features Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF), media player MP3/WMA/AACa ataupun video player DivX/XMV/XviD/3GP java features, WIFI dan GPS. Sehingga para konsumen banyak menggemari produk tersebut.
Iklan yang digunakan oleh produk BB dalam pemasarannya menggunakan gambar produk itu sendiri yang terlihat ekskusif dan komposisi tampilan warna yang menarik, sehingga masyarakat menyukainya dan tertarik untuk menggunakan produk ini.